cover
Contact Name
Perminas Pangeran
Contact Email
perminas@staff.ukdw.ac.id
Phone
+62274-563929
Journal Mail Official
jrmb@staff.ukdw.ac.id
Editorial Address
Fakultas Bisnis, Universitas Kristen Duta Wacana Jl. Dr. Wahidin S. No. 5-25, Yogyakarta 55224
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
ISSN : 19077343     EISSN : 27147312     DOI : http://dx.doi.org/10.21460/jrmb
Focus and Scope Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (p-ISSN: 1907-7343; e-ISSN: 2714-7312) adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana yang terbit dua kali setahun (Juli dan Desember). Jurnal ini didedikasikan sebagai sarana untuk berbagi dan diseminasi studi-studi terbaru dari para peneliti manajemen dan bisnis. Artikel-artikel empiris yang menyajikan riset yang akurat dan teliti secara metodologis dan temuan yang mencerahkan sangat dinantikan. Kami memastikan proses penyuntingan dan ulasan sejawat yang berkualitas tinggi untuk menegakkan integritas ilmiah dan memberikan asupan pengetahuan terbaik untuk masyarakat yang lebih luas. Kami hanya menerima karya asli penulis yang belum pernah diterbitkan di jurnal atau penerbitan lainnya. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis menyambut paper-paper dalam bidang-bidang berikut: Manajemen Keuangan Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Pemasaran Manajemen Operasi Kewirausahaan Manajemen Pengetahuan dan Inovasi Manajemen Strategik
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen " : 6 Documents clear
PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI KEMANFAATAN TERHADAP MINAT BELI SECARA ONLINE Vera Desy Nurmalia; Lilis Endang Wija
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.219 KB) | DOI: 10.21460/jrmb.2018.131.305

Abstract

Nowadays Online buying behavior is growing rapidly. Based on ICD, online market in Indonesia increases 42% during 2012-2015. This study analyze factors that influence consumers to buy through online mode of transaction. The researcher is interested in testing the impact of perception of the Ease and utility of online transaction system on consumer buying intention. Furthermore, it is predicted that the higher consumers’ perception on ease and utility oof online buying mechanism, the higher the probability that consumers will buy through online transaction system. The sample size is 223 respondents. We apply PSAW statisctic software. The results imply that consumers’ perception on the benefit of online transaction system influences their buying intention. While, the consumers’ perception on the ease of online system transaction does not influence their buying intention.Keyword: Online Buying Intention, Perceived Ease of Use, Motivation dan Risk Perception. ABSTRAKPembelian online berkembang pesat saat ini. Berdasarkan data ICD, pasar online di Indonesia tumbuh 42% selama 2012-2015. Pertumbuhan yang cepat ini tentu sangat menarik untuk dipelajari. Penelitian ini akan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen untuk membeli secara online. Faktor yang diteliti adalah persepsi konsumen tentang manfaat pembelian online, motivasi konsumen untuk membeli online dan kesadaran akan risiko pembelian online. Penelitian dilakukan pada siswa di Yogyakarta. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 223 orang. Data diperoleh dengan menggunakan statistik PSAW. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi manfaat dan motivasi mempengaruhi minat beli online sementara kesadaran risiko tidak mempengaruhi minat beli online.Kata kunci: Niat Membeli Online, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Motivasi, dan Persepsi Risiko
SUMBER KEPERCAYAAN-KEPERCAYAAN DALAM NIAT MENGGUNAKAN SYNCHRONOUS E-LEARNING: STUDI EMPIRIS PADA PERGURUAN TINGGI DI YOGYAKARTA Eka Noor Asmara
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2018.131.300

Abstract

This study aims to provide empirical evidence of the influence of individual factors, social factors and institutional factors as the antecedent of behavioral intention through beliefs in using the technology of synchronous e-learning, such as perceived usefulness and perceived ease of use. Analysis uses structural equation models by using smartPLS software. Results of this research shown the support of 6 out of 7 proposed hypothesis, namely that there is a significant positive relationship between top management commitment and support, references from colleagues and computer self efficacy against perceived usefulness and perceived ease of use. Keywords: behavioral intention, perceived usefulness, perceived ease of use, computer self efficacy, synchronous e-learning. ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh faktor individual, faktor sosial dan faktor institusional sebagai anteseden behavioral intention melalui kepercayaan-kepercayaan menggunakan teknologi synchronous e-learning, yaitu perceived usefulness dan perceived ease of use. Analisis menggunakan model persamaan structural dengan menggunakan software smartPLS. Hasil penelitian menunjukkan terdukungnya 6 dari 7 hipotesis yang diajukan yaitu terdapat hubungan positif signifikan antara dukungan dan komitmen manajemen puncak, referensi rekan sejawat dan computer self efficacy terhadap perceived usefulness dan perceived ease of use.Kata kunci: Niat perilaku, kegunaan yang dirasakan, persepsi kemudahan penggunaan, efikasi diri komputer, sinkron e-learning.
FAKTOR-FAKTOR YANG MENDORONG PERILAKU GETOK TULAR DI MEDIA SOSIAL Pramatatya Resindra Widya
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2018.131.301

Abstract

This study aims to examine the role of social media as a means of electronic word of mouth. The variables studied in this study are customer satisfaction and customer involvement as antecedents and repurchase intentions as a consequence variable (Consequences). The sample in this study amounted to 206 respondents spread in Yogyakarta, Central Java, West Java, East Java, Bali, and Ambon with surveys conducted in a connected and unrelated. Hypothesis testing is done by multiple regression analysis and simple regression analysis. The results of this study suggest that in the Indonesian context, customer satisfaction does not affect the act of social media and customer involvement have a positive and significant effect on electronic act of speech through social media. Electronic speech act through social media has a positive effect on repurchase intentions.Keywords: social media, electronic word of mounth, repeat purchase, regression  ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menguji peran media sosial sebagai sarana getok tular elektronik. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan dan keterlibatan pelanggan sebagai anteseden dan niat membeli kembali sebagai variabel konsekuensi (Konsekuensi). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 206 responden yang tersebar di Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, dan Ambon dengan survei yang dilakukan secara terhubung dan tidak terkait. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi berganda dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam konteks Indonesia, kepuasan pelanggan tidak mempengaruhi tindakan media sosial dan keterlibatan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tindak tutur elektronik melalui media sosial.Kata Kunci: media sosial, getok tular elektronik, pembelian ulang, regresi
DAMPAK STRES KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA PEGAWAI UPT PUSKESMAS JASINGA Resya Mawaranti; Arif Partono Praseti
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2018.131.302

Abstract

This study aims to analyze the effect of job stress on employee job satisfaction in UPT Puskesmas Jasinga located in the city of Bogor. Data collection methods in this study were obtained by distributing questionnaires to 108 respondents. The questionnaire used in this study has 28 statements with the likert scale of 6 titiik. The sampling method used in this research is nonprobability sampling with convience sampling technique. In explaining the results of research, data analysis techniques used are descriptive analysis and simple linear regression analysis. The results of this study indicate that job stress does not have a significant negative effect on job satisfaction of employees at UPT Puskesmas Jasinga.Keywords: work stress, work satisfaction, regressionABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stres kerja terhadap kepuasan kerja karyawan di UPT Puskesmas Jasinga yang berlokasi di Kota Bogor. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap 108 responden. Kuesioner yang digunakan penelitian ini memiliki 28 pernyataan dengan skala likert 6 titiik. Metode sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik convience sampling. Dalam menjelaskan hasil penelitan, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil yang didapat penelitian ini menunjukkan bahwa stres kerja tidak berpengaruh signifikan negatif terhadap kepuasan kerja pegawai pada UPT Puskesmas Jasinga.Kata kunci: stres kerja, kepuasan kerja, regresi
MOTIVASI DAN PERILAKU WISATAWAN GENERASI MUDA SAAT BERWISATA DI YOGYAKARTA Singgih Santoso; Lucia Nurbani Kartika
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2018.131.303

Abstract

The more the increase of one's income, travelling becomes an alternative to people’s life style. This research purpose is to see the pattern of tourism and the factors that make a person would like to visit a particular destination. Using the survey with the target of the young generation, the profile analysis results show that the composition of men and women is relatively balanced, The number of respondents from outside Java are more than respondents from Java, the biggest expenditure level is Rp. 500.000 up to Rp. 1,000,000 per month. From factor analysis, result shows seven factors influencing respondent's tourism pattern.Keyword : pattern tourism, young generation, social media, factor analysis ABSTRAK Dengan makin meningkatnya penghasilan seseorang, berwisata menjadi alternatif gaya hidup. Penelitian ini bertujuan melihat pola wisata serta faktor-faktor yang membuat seseorang ingin mengunjungi destinasi tertentu. Menggunakan survei dengan target generasi muda, hasil analisis profil menunjukkan komposisi pria dan wanita relatif seimbang, responden dari luar Jawa lebih banyak dibandingkan responden dari Jawa, tingkat pengeluaran terbesar adalah Rp. 500.000,- sampai Rp. 1.000.000,- per bulan. Analisis faktor, didapat tujuh faktor yang mempengaruhi pola wisata responden.Kata kunci: pola wisata, generasi muda, media sosial, analisis faktor
PENGARUH STRES KERJA TERHADAP TURNOVER INTENTION PADA KARYAWAN PT INTERNUSA JAYA SEJAHTERA MERAUKE Samrotu Sa’adah; Arif Partono Praseti
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis
Publisher : Fakultas Bisnis UKDW

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21460/jrmb.2018.131.304

Abstract

This study aims to examine the effect of work stress on employee turnover intention at PT Internusa Jaya Sejahtera Merauke, Papua. This study obtained data from questionnaires distributed to 117 employees of PT Internusa Jaya Sejahtera. The questionnaire used has 14 point statements and uses a 6 point Likert scale. The technique used in this research is descriptive analysis technique used to analyze the level of work stress and turnover intention level on employees. Simple linear regression analysis is also used to determine the effect between work stress variables and turnover intention variables. The results showed that work stress had a significant positive effect on turnover intention on employees of PT Internusa Jaya Sejahtera. The coefficient of determination in this study has a value of 0.571 which means that the level of job stress to turnover intention of 57.1%.Keywords : work stress, turnover intention, linear regression ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh stres kerja terhadap turnover intention pada karyawan di PT Internusa Jaya Sejahtera Merauke, Papua. Peneltian ini memperoleh data dari hasil penyebaran kuesioner kepada 117 karyawan PT Internusa Jaya Sejahtera. Kuesioner yang digunakan memiliki 14 butir pernyataan dan menggunakan skala Likert 6 poin. Teknik yang digunakan pada penelitian kali ini adalah teknik analisis deskriptif yang digunakan untuk menganalisis tingkat stres kerja dan tingkat turnover intention pada karyawan. Analisis regresi linier sederhana juga digunakan unntuk mengetahui pengaruh antara variabel stres kerja dan variabel turnover intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres kerja berpengaruh signifikan positif terhadap turnover intention pada karyawan PT Internusa Jaya Sejahtera. Koefisien determinasi pada penelitian ini memiliki nilai 0.571 yang memiliki arti bahwa tingkat stres kerja terhadap turnover intention sebesar 57,1%.Kata kunci : stres kerja, turnover intention, regresi linier.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 17, No 1 (2022): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 2 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 16, No 1 (2021): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 2 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 15, No 1 (2020): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 2 (2019): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 1 (2019): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 13, No 2 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 13, No 1 (2018): Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Vol 12, No 2 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 12, No 1 (2017): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 2 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 11, No 1 (2016): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 2 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 10, No 1 (2015): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 1 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 9, No 2 (2014): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 8, No 1 (2013): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 7, No 2 (2012): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 7, No 1 (2012): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 6, No 2 (2011): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 6, No 1 (2011): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 5, No 2 (2010): Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol 5, No 1 (2010): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 4, No 2 (2009): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 4, No 1 (2009): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 3, No 2 (2008): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 3, No 1 (2008): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 2, No 2 (2007): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 2, No 1 (2007): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 1, No 2 (2006): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis Vol 1, No 1 (2006): Jurnal Riset Manjemen dan Bisnis More Issue